Senin, 04 Desember 2023

Senkom Sidoarjo Siap Cegah Bencana: Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Mako Polresta Sidoarjo


Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama Senkom Mitra Polri menunjukkan kesiapan menghadapi Bencana Hidrometeorologi dengan gelar Apel Kesiapsiagaan di Lapangan Mako Polresta Sidoarjo pada Senin, 4 Desember 2023. Dipimpin oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, apel tersebut dihadiri oleh personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas, Damkar, Senkom Rescue, Senkom Mitra Polri, relawan, dan stakeholder terkait.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, menekankan pentingnya sinergi dalam penanganan bencana, mulai dari pola penanganan hingga kesiapan sarana dan prasarana. Apel ini menjadi langkah strategis dalam menghadapi musim hujan yang diperkirakan BMKG akan meningkat pada Desember 2023, mencapai puncaknya pada Februari 2024.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, menyatakan kesiapan Polresta dan jajaran untuk pencegahan risiko bencana dan proses penanganan, termasuk edukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo, H. Agus Mintono, S.Mb., menegaskan komitmen melanjutkan program kerja pada tiga klaster pengabdian, yakni Kamtibmas, Kebencanaan, dan bela negara. Fokus pada tiga bidang tersebut diharapkan dapat mendukung TNI dan POLRI dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

Wakil Sekretaris Senkom Mitra Polri Sidoarjo, Yusuf Maryono, menambahkan bahwa Organisasi Senkom terus berkembang positif, khususnya dalam klaster Rescue yang berperan dalam mitigasi, evakuasi, dan rehabilitasi bencana. Sejarah mencatat bahwa Senkom Rescue terbentuk setahun setelah didirikannya Senkom pada 1 Januari 2005, dan telah meraih penghargaan dari BNPB.

"Pada dasarnya, kami hanyalah organisasi yang menghimpun potensi masyarakat yang peduli terhadap kemanusiaan. Oleh karena itu, kami merekrut mereka sebagai relawan," ungkap Yusuf. (ojeb)

GALERI FOTO PENGURUS PUSAT

.