Senin, 12 Februari 2024

Polda Jawa Timur Maksimalkan Kemitraan dengan Senkom untuk Menyukseskan Pemilu Damai 2024


SURABAYA - Dalam upaya menjamin kesuksesan Pemilu Damai dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, Polda Jawa Timur mengambil langkah strategis dengan membangun kemitraan bersama berbagai pihak. Hal ini ditegaskan oleh Dirbinmas Polda Jatim, Kombes Pol Asep Irpan Rosadi, dalam arahannya kepada ratusan Pengurus Kabupaten/Kota Senkom Mitra Polri se-Jawa Timur melalui konferensi daring (Zoom Meeting) pada tanggal 14 Februari mendatang.


Dalam kesempatan tersebut, Kombes Pol Asep Irpan menekankan pentingnya kemitraan dalam menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu Damai 2024. "Kemitraan ini tidak hanya untuk memastikan partisipasi masyarakat dalam pemilu, tetapi juga untuk menghadapi ancaman yang mungkin mengganggu jalannya proses pemilu," ungkapnya.


Lebih lanjut, Kombes Pol Asep Irpan meminta dukungan dan keterlibatan Senkom dalam menjaga Harkamtibmas di wilayah Jawa Timur. "Kegiatan ini sebagai upaya preventif/pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas. Mari kita kembali kenali konsep Siskamling agar budaya keamanan tetap melekat pada masyarakat," tambahnya.


Dirbinmas juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antara Senkom dengan Babhinkamtibmas atau Polisi RW. "Program ini sebagai bentuk apresiasi dari Polri kepada Senkom, serta untuk meningkatkan interaksi langsung dengan masyarakat pada tingkat RW dengan mengedepankan tindakan preemtif," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur, H. Maun, menyambut baik program kerja Dirbinmas. "Terima kasih atas arahan dan fasilitas yang diberikan dalam membangun komunikasi kemitraan ini," ucapnya.


Maun juga memaparkan bahwa Senkom telah aktif menjalani tiga klaster pengabdian, yakni terkait kamtibmas, penanganan bencana alam, dan bela negara. "Selama 20 tahun berdiri, Senkom telah berkomitmen membantu masyarakat sesuai bidang tugasnya," tuturnya.


GALERI FOTO PENGURUS PUSAT

.